Tuesday, January 22, 2013

Menggugat Globalisasi

Judul buku: Menggugat Globalisasi
Pengarang: Bonnie Setiawan
Penerbit: INFID dan IGJ
Tahun: 2001
Halaman: v + 80 hal.
Kondisi: Baik

Catatan halaman belakang:

Penerbitan buku kecil ini dalam rangka hari No New Round yang diperingati oleh berbagai gerakan masyarakat sipil di seluruh dunia. Meskipun berfokus pada ekspansi WTO, khusunya menjelang Konferensi WTO ke IV di Qatar, akan tetapi sebenarnya isu-isu yang hendak diangkat adalah mengenai ekspansi globalisasi, yang di dalamnya merupakan sebuah sistem dan mekanisme raksasa dari berbagai aktor kapitalisme global: WTO, Bank Dunia, IMF, G-7, TNC, dan lain-lainnya.

Bagaimanakah duduk persoalannya masalah globalisasi ini? Globalisasi sebenarnya adalah gerakan aliran modal yang dimiliki oleh korporasi multinasional dari negara-negara kaya (industri) ke negara-negara miskin melalui investasi, perdagangan dan utang luar negeri. Aliran modal ini dengan sendirinya mendominasi perekonomian nasional. Secara nyata ini terlihat dari tergusurnya usaha-usaha kecil seperti limun produksi nasional dan digantikan dengan Coca Cola dan Sprite.

Kumpulan tulisan ini mencoba mengupas duduk persoalan globalisasi dalam konteks dominasi kapital global serta dampak yang dirasakan oleh pemerintah dan masyarakat terutama di Indonesia. Diharapkan kumpulan tulisan ini dapat digunakan untuk memahami masalah globalisasi dengan lebih baik.

Daftar Isi:
Kata Pengantar
Pendahuluan
Daftar Isi
Neoliberalisme dan kejahatan multilateralisme
Isu-isu anti globalisasi
Tidak cukup, tidak tegas dan tidak selesai
Lampiran-lampiran

2 comments:

  1. dear arief rachman hakim,
    mohon maaf, sudah lama saya tidak memonitor blog saya ini. apakah anda masih memerlukan buku tsb? jika ya, mohon kirim alamat lengkap anda ke email saya di koleksibukubekas@yahoo.com

    ReplyDelete