Tuesday, January 22, 2013

Keberhasilan Industrialisasi di Asia Timur

Judul buku: Keberhasilan Industrialisasi di Asia Timur
Penyunting: Helen Hughes
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 1992
Halaman: xxiv + 556 hal.
Kondisi: Baik

Catatan halaman belakang:

Buku ini mengkaji tentang keberhasilan ekonomi yang dicapai oleh negara-negara industri baru di Asia Timur. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi ataupun berdasarkan kriteria ekonomi dan kesejahteraan, kelompok negara-negara Asia Timur ini berada jauh di atas negara-negara berkembang lain di dunia.
Para penulis buku ini mencoba mengenali bentuk kebijakan ekonomi yang sangat berperan bagi tercapainya keberhasilan ini. Mereka menganalisis berbagai latar belakang politik dan warisan budaya yang memungkinkan kelompok negara-negara yang berbeda ini memilih arah pembangunan yang membawanya menuju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Faktor apa yang mempengaruhinya?
Salah satu jawabannya adalah "ekspor yang tidak mengalami hambatan internal", sementara hampir semua negara Asia masih terpaku pada kebijakan substitusi impor. Faktor lain adalah stabilitas politik, pengelolaan makroekonomi yang baik, serta investasi pemerintah berupa pembangunan jaringan infrastruktur fisik dan sosial.
Dengan kata lain, sektor pemerintah sangat berperan dalam menciptakan iklim pertumbuhan ekonomi. Sektor swasta berperan melalui kegiatan investasi yang, meskipun menghadapi resiko dan ketidakpastian serta tekanan persaingan di pasaran internasional, berjalan secara efisien dan dengan rentabilitas yang tinggi.

Daftar Isi:
Daftar grafik
Daftar tabel
Tentang pengarang
Pengantar
Beberapa Singkatan
Simbol-simbol

Bab 1 s/d Bab 11

Bibliografi
Indeks

No comments:

Post a Comment