Wednesday, January 23, 2013

Politik, Budaya dan Perubahan Sosial

Judul buku: Politik, Budaya dan Perubahan Sosial: Ben Anderson dalam Studi Politik Indonesia
Pengarang: Vedi R. Hadiz
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 1992
Halaman: xxvi + 191 hal.
Kondisi: Cukup baik

Catatan halaman belakang:

Benedict R. O'G Anderson adalah salah satu sarjana yang paling berpengaruh terhadap perkembangan studi politik Indonesia. Berbagai karyanya selama lebih dari 25 tahun menjadi bacaan wajib bagi setiap orang yang ingin mempelajari sejarah politik dan politik kontemporer Indonesia. Seringkali karya-karyanya menantang persepsi-persepsi yang umum tentang suatu masalah dan bahkan, menjungkirbalikkan segala hal yang telah menjadi konvensi. Topik-topik yang digarapnya meliputi revolusi Indonesia, peranan bahasa dalam membentuk kesadaran nasional, pengaruh kebudayaan Jawa terhadap politik kontemporer, serta kesinambungan antara pola-pola politik dewasa ini dengan politik masa kolonial.

Namun, Anderson juga menulis tentang hal-hal di luar Indonesia. Dengan fasih ia juga menelaah politik kelas di Thailand dan asal-usul kemunculan nasionalisme di dunia melalui suatu kajian historis-komparatif yang memukau. Melalui perluasan minatnya kepada masalah-masalah di luar Indonesia, kita sekaligus dibantu menempatkan sejarah dan masyarakat Indonesia dalam perbandingan dengan perkembangan di dunia.

Buku ini merupakan suatu usaha untuk menelaah karya-karya Anderson secara komprehensif dengan menelusuri perkembangan pemikirannya dan menilai sumbangan serta pengaruhnya terhadap studi politik Indonesia. Dengan cara ini beberapa masalah yang menjadi ajang perdebatan dalam studi politik Indonesia, termasuk masalah-masalah teoritis, muncul ke permukaan. Pembaca diperkenalkan dengan imajinasi Anderson yang luar biasa - imajinasi yang membawanya untuk bergelut dengan tema-tema seperti pemberontakan manusia dan tempat kaum yang terlupakan dalam sejarah.

Daftar Isi:

Prakata
Pengantar penerbit
Bab I s/d Bab VII
Bibliografi
Indeks
Riwayat singkat penulis

No comments:

Post a Comment