Tuesday, January 22, 2013

Analisis dan Metodologi Ekonomi Indonesia

Judul buku: Analisis dan Metodologi Ekonomi Indonesia
Penyunting: Sjahrir
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, PT
Tahun: 1991
Halaman: xvi + 500 hal.
Kondisi: Baik

Catatan halaman belakang:

Buku ini dimaksudkan untuk membantu memahami secara lebih analitis perihal gerak dan dinamika ekonomi Indonesia. Sasarannya adalah menghubungkan konsep dan metodologi untuk keperluan policy making. Dibahas antara lain mengenai sektor pertanian dalam konteks struktur ekonomi dan konsep Domestic Resource Cost (DRC) dalam pengukuran tingkat efisiensi sektor industri. Selain itu, dibahas pula sektor energi dan kependudukan sebagai bagian dari pola perubahan struktural, serta upaya-upaya menjamin pemerataan, swasembada pangan, dan stabilitas sosial.

Menarik untuk disimak, bahwa buku ini mencoba menjadikan penggunaan metodologi relevan bagi keperluan perumusan kebijaksanaan dan pembuatan proyeksi. Analisis kuantitatif dalam buku ini mencakup proses pembentukan model ekonometri, baik dalam bentuk persamaan tunggal maupun simultan), penerapan model Input-Output dinamis, pengembangan model CGE (Computable General Equilibrium Model), dan penggunaan Purchasing Power Parity Approach yang pertama kali diperkenalkan oleh Irving Kravis.

Buku penting untuk dibaca oleh perumus kebijaksanaan, birokrat, ekonom, pakar statistis, dan tentu saja para mahasiswa ekonomi yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang ekonomi Indonesia.

Daftar Isi:
Kata Pengantar: Sjahrir
Bagian Pertama: Sektor pertanian
Bagian Kedua: Struktur ekonomi dan sektor pertanian
Bagian Ketiga: Struktur ekonomi dan sektor energi
Bagian Keempat: Kebutuhan pokok dan masalah kependudukan
Tentang para penulis dan penyunting

No comments:

Post a Comment