Tuesday, January 22, 2013

Pembangunan di Indonesia

Judul buku: Pembangunan di Indonesia, Memandang dari Sisi Lain
Penyunting: INFID
Pengantar: Arief Budiman
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia dan INFID
Tahun: 1993
Halaman: xxii + 202 hal.
Kondisi: Cukup baik

Catatan halaman belakang:

Masalah Pembangunan di Indonesia, merupakan kumpulan tulisan yang berasal dari makalah yang dipresentasikan dalam pertemuan INGI di Odawara, Jepang, pada tahun 1991. Makalah-makalah yang terhimpun dalam buku ini mencerminkan sebagian bidang-bidang kegiatan yang menjadi keprihatinan para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.

Dasar pemikiran utama buku ini ialah bagaimana agar dana pembangunan maupun sumberdaya lainnya yang ada dalam masyarakat dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat, paling tidak kondisinya tidak menunjukkan makin besarnya kesenjangan maupun keterbelakangan strata bawah. Golongan masyarakat yang masih tertinggal dalam pembangunan menjadi pusat perhatian dalam buku ini, antara lain karena tidak adanya atau lemahnya pemilikan dan akses permodalan, kurangnya jaminan hukum, tidak adanya lembaga penyalur kepentingan, dan korban perusakan lingkungan.

Masalah pinjaman luar negeri Indonesia yang sudah mencapai tingkat mengkhawatirkan, fungsi LSM dalam hubungannya dengan pemerintah, masalah hutan di Indonesia dan perusakannya, masalah perburuhan dan perkembangannya di Indonesia, kehidupan koperasi pedesaan di Indonesia, serta eksploitasi kaum perempuan dalam dunia pelacuran di Indonesia, merupakan masalah yang tentu saja tidak menggambarkan semua kehidupan yang dijalani semua LSM di Indonesia, tetapi paling tidak pembaca dapat memperoleh pengetahuan tentang kerja LSM di Indonesia dan dapat mengenal masalah-masalah yang dibicarakan dalam buku ini.

Daftar Isi:
Pengantar: Arief Budiman
Bab 1 s/d Bab 11
Indeks

No comments:

Post a Comment