Wednesday, January 23, 2013

Menelaah Kembali Format Politik Orde Baru

 Judul buku: Menelaah Kembali Format Politik Orde Baru
Pengantar: Mochtar Pabottinggi
Editor: Syamsuddin Haris dan Riza Sihbudi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 1995
Halaman: xv + 201 hal.
Kondisi: Baik

Catatan halaman belakang:

Format politik Orde Baru antara lain dicirikan oleh pelembagaan peran sosial-politik ABRI, sistem semi-perwakilan, sistem kepartaian "tertutup", tekanan pada sentralisasi pemerintahan, dan pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi. Seperti bisa disaksikan selama lebih dari 25 tahun terakhir, format politik tersebut berhasil menciptakan kestabilan politik yang relatif lama dan pertumbuhan ekonomi yang memadai - rata-rata 6 sampai 7 persen per tahun. Dengan modal itu kita memasuki Pelita VI dan PJP II.

Namun demikian setelah berumur hampir 30 tahun, muncul pertanyaan-pertanyaan mendasar. Misalnya saja, sejauh mana format politik tersebut bisa mengantisipasi meningkatnya aspirasi dan tuntutan masyarakat mengenai transparansi politik dan demokrasi, HAM, pemerintahan yang bersih, pemerataan dan keadilan sosial. Apalagi era PJP II ditandai oleh derasnya arus globalisasi yang menuntut prasyarat dan prinsip fairness, kompetisi dan transparansi hubungan ekonomi-politik antarnegara. Masalahnya adalah bahwa di sisi cerita sukses stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi, format politik Orde Baru ternyata ditandai pula oleh melemahnya kedudukan masyarakat (termasuk parpol dan DPR), ketimpangan sosial-ekonomi yang tidak berkurang, dan menguatnya gejala korupsi, monopoli-oligopoli, dan kolusi ekonomi-politik.

Buku ini, yang berasal dari makalah-makalah Seminar Mengenang Alfian "Menelaah Kembali Format Politik Orde Baru" yang diadakan oleh PPW-LIPI, mencoba melihat urgensi pemikiran kembali format politik yang kini berlaku. Pemikiran dan peninjauan kembali diharapkan bukan saja akan mendekatkan kita pada cita-cita kebangsaan, tetapi juga makin meningkatkan kualitas stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

Daftar Isi:

Prakata editor
Pengantar Dr. Mochtar Pabottinggi
Bagian Pertama: Telaah empirik
Bagian Kedua: Telaah teoritik
Bagian Ketiga: Pilihan kebijakan
Daftar pustaka
Tentang penulis

No comments:

Post a Comment