Tuesday, January 22, 2013

Menguak Mitos-mitos Pembangunan

Judul buku: Menguak Mitos-mitos Pembangunan, Telaah Etis dan Kritis
Editor: M. Sastrapratedja, J. Riberu, dan Frans M. Parera
Penerbit: Gramedia
Tahun: 1986
Halaman: xiii + 402 hal.
Kondisi: Cukup baik

Catatan halaman belakang:

Pembangunan nasional yang telah berlangsung belasan tahun dan segera memasuki Abad XXI, sedang bergerak antara pelbagai mitos dan realitas, antara cita-cita dan perwujudannya. Perubahan sosial yang ditimbulkan oleh kegiatan memperbaiki mutu kehidupan, kini memunculkan masalah-masalah yang baru. Kita dituntut untuk memahami dan terus-menerus menilai keadaan. Dengan kata lain, mitos-mitos pembangunan perlu ditafsirkan kembali sebagai tanda pemahaman kita yang mendalam atas kenyataan yang terus berubah. Bagaimana caranya meraih visi semacam itu, yang dapat dipertanggungjawabkan dari pelbagai segi?

Menguak Mitos-mitos Pembangunan bertujuan membantu pembaca untuk memecahkan persoalan dan pertanyaan itu. Tiga puluh karangan dalam buku ini memperkenalkan dan membahas beberapa persyaratan pokok untuk menyadari persoalan dan masalah dasar pembangunan yang manusiawi: masalah ideologi, inspirasi agama, mentalitas ilmiah, pembangunan ekonomi, strategi kebudayaan, dan etika pembangunan nasional yang kritis serta bernafaskan nilai-nilai Pancasila. Visi yang mendalam tentang pembangunan - sebagaimana ditekankan dalam buku ini - dijiwai oleh semangat kebersamaan. Visi itu akan menjelma menjadi sekadar mitos-mitos bila kita tidak menggugat kesadaran kita dan menolak masukan hasil-hasil penelitian ilmiah yang bercorak multi disipliner (sekaligus disangsikan manfaat pendekatan monodiskipliner). Kebersamaan sebagai nilai menduduki tempat utama dalam visi dan etika pembangunan.

Buku ini terutama ditujukan kepada golongan cendekiawan dan terpelajar; juga para mahasiswa, terutama dari jurusan ekonomi, ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu kemanusiaan, yang ingin mendalami pemahaman tentang masalah-masalah pembangunan dari pelbagai dimensi, termasuk dimensi etis.

Daftar Isi:

Kata pengantar
Bagian Kesatu: Peranan ideologi
Bagian Kedua: Menggali inspirasi agama
Bagian Ketiga: Keadilan sosial
Bagian Keempat: Peranan ilmu dan teknologi
Bagian Kelima: Strategi kebudayaan Indonesia
Bagian Keenam: Beberapa pemikiran tentang etika pembangunan
Penutup
Sumber karangan
Indeks
Riwayat singkat para penyumbang

No comments:

Post a Comment