Tuesday, January 22, 2013

Ledakan Harga Minyak dan Dampaknya

Judul buku: Ledakan Harga Minyak dan Dampaknya, Kebijakan dan Kinerja Ekonomi Indonesia dalam Era Orde Baru
Editor: Anne Booth
Penerbit: UI Press
Tahun: 1994
Halaman: xxii + 536 hal.
Kondisi: Baik

Catatan halaman belakang:

Satu setengah dasawarsa yang lalu Indonesia menikmati ledakan harga minyak di pasar dunia. Berbagai rencana pembangunan disusun, dan terlaksana dengan lancar. Tetapi harga di pasaran dunia itu beberapa tahun kemudian tidak stabil, dan tidak dapat mencapai harga di tahun 1981. Dampak dan pengaruh historis ini mendorong para pakar ekonomi kita membuat restrukturisasi perekonomian, dengan tujuan memperkokoh landasan transformasi ke perekonomian industrial menjelang Abad ke-21.

Buku ini membahas proses restrukturisasi ekonomi tersebut, dan implikasinya bagi pembangunan perekonomian negara di masa datang. Kandungan buku ini terdiri atas tiga bagian: pertama, menguraikan kebijakan moneter, fiskal, dan neraca pembayaran; kedua, menilai kinerja sektor-sektor ekonomi yang krusial, termasuk pertanian, perindustrian, transpor, dan perdagangan; dan ketiga, menyoroti implikasi restrukturisasi perekonomian dan kebijakan deregulasi mengenai lapangan pekerjaan, distribusi pendapatan, taraf hidup, dan pembangunan daerah.

Buku ini penting bagi para pengamat proses perkembangan ekonomi Indonesia mutakhir dan pengaruh globalisasi, para mahasiswa yang mencari titik temu antara teori dan praktek ekonomi, dan para pelaku ekonomi dalam penerapan restrukturisasi perekonomian menujui perekonomian industrial dan Pembangunan Jangka Panjang Tahap II.

Daftar Isi:
Pengantar
Bagian Kesatu: Pembuatan kebijakan makroekonomi
Bagian Kedua: Pertumbuhan sektoral
Bagian Ketiga: Perkembangan sumberdaya manusia
Indeks pengarang
Indeks subyek

No comments:

Post a Comment